PENERAPAN METODE MUBASYARAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA

Authors

Keywords:

Bahasa Arab, Metode, Langsung

Abstract

Abstrak

 Keberhasilan dalam pembelajaran bahasa Arab merupakan harapan bagi semua orang, baik pendidik, peserta didik, orang tua, maupun lembaga pendidikan. Namun dalam pelaksanaannya, pembelajaran bahasa Arab sering menuai kendala dalam mengatasi problematika pembelajarannya. Karenanya, diperlukan inovasi dan kreativitas pendidik dalam melaksanakan pembelajaran. Berdasarkan karakteristiknya, penerapan metode Mubasyarah diduga dapat mengatasi problematika pembelajaran bahasa Arab dan dapat meningkatkan keterampilan berbicara (maharah al-kalam). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hakikat metode mubasyaroh, implementasinya, dan efektivitasnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen, lokasi yang dipilih di SMP Islam Al-Azmi Cianjur. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan test. Sedangkan teknik analisis datanya melalui analisis kuasi eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, dalam pembelajaran bahasa Arab metode Mubasyarah pada hakikatnya digunakan dalam rangka untuk meningkatkan keterampilan berbicara (maharah al kalam). Kedua, penerapan metode Mubasyarah dalam pembelajaran bahasa Arab menuntut kreativitas pendidik bahasa Arab dalam pengelolaan pembelajaran melalui langkah-langkah yang telah ditetapkan. Ketiga, pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode Mubasyarah efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara (maharah al kalam). Dengan demikian penerapan metode ini dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berbicara (maharah al kalam) di SMP Islam lain.

References

Al-Muslim Mustapa, Zamri Arifin, . 2012. “Pengajaran Dan Pembelajaran Bahasa Arab: Satu Tinjauan Literatur Di Negeri Sembilan.” Persidangan Kebangsaan Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa Arab 2012 (PKEBAR’12).

Arif, Muh. 2019. “Metode Direct Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Bahasa dan Pengajarannya.

Arif, Muhammad. 2019. “METODE LANGSUNG (DIRECT METHOD) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB.” Al-Lisan.

Buhori, Buhori, and Besse Wahidah. 2017. “Bahasa Arab Dan Peradaban Islam: Telaah Atas Sejarah Perkembangan Bahasa Arab Dalam Lintas Sejarah Peradaban Islam.” Al-Hikmah.

Goh, Ying. 2010. “Situasi Pembelajaran Bahasa Asing Di Institut Pengajian Tinggi : Perbandingan Antara Bahasa Arab, Bahasa Mandarin Dan Bahasa Perancis.” AJTLHE: ASEAN Journal of Teaching and Learning in Higher Education.

Ibtisam, Abdullah, Ahmad Prof Dr Zaharani, Abdullah PM Dr Imran Ho, and Hassan Ahmad Thalal. 2011. “Perantauan Bangsa Arab Ke Alam Melayu : Kesannya Terhadap Percambahan Kata Pinjaman Arab-Melayu.” Imagining Migration in Malay World.

Mohamad Ziyad bin Mukhtar, Izudin Bin Muhammed. 2011. “Penguasaan Asas Bahasa Arab Dalam Kalangan Pelajar Ppismp Gstt- Pai: Satu Kajian Kes.” GEMA OnlineTM Journal Of Language Studies, Volume 11(2) May 2011.

Mohd Fadzli Ismail, and Mohd Sukki Othman. 2012. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pencapaian Pelajar Dalam Pengajaran & Pembelajaran Bahasa Arab: Satu Tinjauan Di SMAP Kajang.” Persidangan Kebangsaan Pengajaran Dan Pembelajaran Bahasa Arab 2012 (PKEBAR’12).

Prof. Dr. Suryana, MSi. 2012. “Metodologi Penelitian : Metodologi Penelitian Model Prakatis Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif.” Universitas Pendidikan Indonesia.

Purwanto, M Pd. 2012. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi Dan Pendidikan.

Rahmat, Pupu Saeful. 2009. “Penelitian Kualitatif.” Journal Equilibrium.

Salim, Latifah. 2017. “Sejarah Pertumbuha Dan Perkembangan Bahasa Arab.” Diwan : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab.

Sam, Zulfiah. 2016. “Metode Pembelajaran Bahasa Arab.” Nukhbatul ’Ulum.

Sarmanu. 2017. “Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan Statistika.” In Airlangga University Press,.

Siddiq, Mohammad. 2018. “PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH JAKARTA (STUDI ETNOGRAFI).” AL-MA’RIFAH.

Sudrajat, Sudrajat. 2014. “REVITALISASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN.” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi.

Sugiyono. 2016. CV Alfabeta Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.

Suryana. 2015. “Metodologi Penelitian Model Praktis Penelitian Kuantitatif.” In Metodologi Penelitian,.

Syafe’i, Isop, and Dadan F Ramdhan. 2019. “Arabic Learning Model Development In Improving Reading Skill.” INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan.

Syafe’i, Isop. 2016. “MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KONSTRUKTIVISME DI PERGURUAN TINGGI ISLAM.” Jurnal Pendidikan Islam.

Tolib, Abdul. 2015. “Pendidikan Di Pondok Pesantren Modern Terpadu.” Risalah.

Wahyuni, Imelda. 2017. “BAHASA ARAB DALAM KONTEKS SIMBOL AGAMA (Analisis Terhadap Tujuan Pembelajaran Pada Perguruan Tinggi Islam).” Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam.

Zamri, Ahmad, and Abdullah Ibtisam. 2014. “METODE PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERASASKAN EMPAT KEMAHIRAN.” In Prosiding Seminar Pengajaran & Pembelajaran Bahasa Arab 20142,.

Published

2024-12-19

How to Cite

DUDANG, D. A. K., & Ibad, K. (2024). PENERAPAN METODE MUBASYARAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA. IJNU: Indonesian Journal of Nahdlatul Ulama, 2(1), 23–34. Retrieved from http://journal.isnujabar.or.id/index.php/ijnu/article/view/34