PENINGKATAN PEMAHAMAN KOSAKATA BAHASA ARAB MELALUI METODE TOTAL PHYSYCAL RESPONSE (TPR) PADA SISWA KELAS V SDN RAWASARI PLERED

Authors

Keywords:

Bahasa Arab, Pemahaman kosakata, Respon fisik total

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana proses perencanaan, pelaksanaan, dan hasil dari peningkatan pemahaman kosakata bahasa Arab pada siswa kelas V di SDN Rawasari Plered menggunakan metode total physical response. Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas, dengan 23 siswa kelas V sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi, kemudian dianalisis secara deskriptif baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa meningkat dari 64,8 pada siklus I menjadi 89,5 pada siklus II. Hal ini menunjukkan peningkatan pemahaman kosakata bahasa Arab ketika metode total physical response diterapkan. Dari temuan ini, dapat disimpulkan bahwa metode total physical response efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami kosakata bahasa Arab. Hasil positif ini memberikan kontribusi pada pengembangan metode pengajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan, khususnya dalam konteks pembelajaran bahasa Arab.

References

Hidayah, N. (2017). TPR (Totally Physical Response) Sebagai Metode Yang Efektif Untuk Meningkatkan Pemahaman Kosa Kata Bahasa Arab Bagi Anak-Anak. Pembelajaran Bahasa, Sastra Dan Budaya Arab, 53–63.

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8

Nuraeni, N., & Syihabuddin, S. A. (2020). Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa dengan Pendekatan Kognitif. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 19–20. https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i1.24

Purwa, T. L., Yuwana, S., & Hendratno. (2021). Metode Pembelajaran Total Physical Response Pada Peserta Didik. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 269–277.

Raharjo, H., & Siswanto, N. D. (2021). Penerapan Strategi Total Physical Response, Bernyanyi, Dan Permainan Edukatif Pada Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Anak Usia Dini. Zuriah : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 41. https://doi.org/10.29240/zuriah.v2i1.3363

Satri Adnyani, N. W. (2019). Metode Total Physical Response (Tpr) Untuk Pengembangan Kemampuan Mendengarkan Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Dini. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 28–36. https://doi.org/10.25078/pw.v3i2.735

Published

2024-12-19

How to Cite

Novita Febriyanti. (2024). PENINGKATAN PEMAHAMAN KOSAKATA BAHASA ARAB MELALUI METODE TOTAL PHYSYCAL RESPONSE (TPR) PADA SISWA KELAS V SDN RAWASARI PLERED. IJNU: Indonesian Journal of Nahdlatul Ulama, 2(1), 69–75. Retrieved from http://journal.isnujabar.or.id/index.php/ijnu/article/view/24