Peningkatan Penguasaan Kosa-Kata Bahasa Arab Melalui Model Visualization Auditory Kinesthetic Pada Siswa

Authors

  • Raisa Nisrina Nisrina STAI DR. KH EZ. MUTTAQIEN PURWAKARTA
  • Taufik Luthfi STAI DR. KH EZ. MUTTAQIEN PURWAKARTA

Keywords:

Penguasaan Kosa Kata, Pembelajaran bahasa Arab,, Model visualization auditory kinesthetic

Abstract

Penelitian pada siswa  tingkat A TPQ Al Mujahidin Babakancikao Purwakarta dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan anak dalam berbahasa arab yang ditandai dengan ketidakmampuan anak dalam memahami dan menguasai kosa-kata bahasa arab secara lisan yang ditandai dari 21 anak hanya 7 yang sudah bisa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic dapat meningkatkan kemampuan bahasa arab pada  siswa  tingkat A TPQ Al Mujahidin Babakancikao, Purwakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Setiap siklus terdiri dari : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa  tingkat A TPQ Al Mujahidin Babakancikao, Purwakarta yang berjumlah 21 anak, terdiri dari 10 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif Berdasarkan hasil penelitian pada siklus 1 diperoleh data kemampuan bahasa arab anak sebesar 67%. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas ini belum berhasil karena target keberhasilan yang diharapkan adalah 75%, maka penelitian ini berlanjut pada siklus II. Pada siklus II diperoleh data kemampuan bahasa arab anak sebesar 93%. Berdasarkan hasil pada siklus II maka penelitian ini dikatakan berhasil dan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic dapat meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa arab.

References

Arkam, R., & Mustikasari, R. (2021). Pendidikan Anak Menurut Syaikh Muhammad Syakir Dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Mentari, 1(1), 17–24.

Azizah, H. N. (2020). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Melalui Penggunaan Media Word Wall. Alsuniyat, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v1i1.24212

Chasanah, N., & Hasibuan, R. (2014). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Pada Kelompok a Di Ra an Nur. PAUD Teratai, 3(3), 1–5.

Mahyudin, M. (2023). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Melalui Penggunaan Media Gambar. Prosiding Pendidikan Profesi …, 3(1), 1418– 1428. https://e- proceedings.iain- palangkaraya.ac.id/index.php/PPGAI/article/view/1409

Munir, D. R., Julianti, J., & Maftuhah, M. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Siswa dengan Menggunakan Metode Audiolingual. Tadris Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2(2), 241– 254. https://doi.org/10.15575/ta.v2i2.28839

Mustari, N. A., Nasaruddin, & Hotimah. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Visual, Auditori, Kinestetik ( VAK ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Subtema Sumber Energi Kelas IV SD Negeri No . 136 La ’ nyara Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar. Pinisi Journal of Science and Technology, 136, 1–13.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Sakdiah, N., & Sihombing, F. (2023). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Sathar, 1(1), 34–41. https://doi.org/10.59548/js.v1i1.41

Sulis Aspiyani, Nelly Mujahidah, A. (2022). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Melalui Model Visualization Auditory Kinesthetic Pada Siswa Kelas V Sd Muhammadiyah 1 Pontianak. Armala : Jurnal Pendidikan Dan Sastra Bahasa Arab, 3(2), 64–80.

https://e-journal.iainptk.ac.id/index.php/armala/article/view/1053

Published

2024-07-09

How to Cite

Nisrina, R. N., & Luthfi, T. (2024). Peningkatan Penguasaan Kosa-Kata Bahasa Arab Melalui Model Visualization Auditory Kinesthetic Pada Siswa. IJNU: Indonesian Journal of Nahdlatul Ulama, 1(2), 159–166. Retrieved from http://journal.isnujabar.or.id/index.php/ijnu/article/view/23