Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Melalui Model Pembelajaran Take And Give
Keywords:
Bahasa Arab, Penguasaan Kosa Kata, Model Pembelajaran Take and GiveAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan keterampilan menghafal kosa kata bahasa arab (Mufradat) sebelum dan setelah penerapan Model pembelajaran Take and Give pada siswa MDTA El-Waad El-Mubaarak Purwakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, test, dan wawancara. analisis data dalam penelitian ini menggunakan penghitungan statistic deskriptif. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas II MDTA El-Waad EL-Mubaarak Purwakarta tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 20 Siswa. Dari hasil penelitian kemampuan kosa kata bahasa arab siswa melalui soal tes, rata-rata siklus I 67,50 dan rata-rata siklus II 75,50. Menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Take and Give terhadap kemampuan siswa dalam pembelajaran kosa kata. Hal ini membuktikan adanya pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Take and Give terhadap kemampuan siswa dalam pembelajaran bahasa Arab tentang kosa kata.
References
Dyah Asri Eka Putri Hasyim, M. S. (2018). IMPLEMENTASI METODE CARD SHORT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS X MA DARUL ARQAM GOMBARA SULAWESI SELATAN. 2, 15.
Ika Khoirun Nisa, Novita Rahmi, W. (2020). PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB DI MTS MA’ARIF NU 07 PROBOLINGGO. 12, 18.
Isthifa Kemal, M. F. (2023). PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA PADA PENGGUNA INSTAGRAM TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI. 19.
Patmawati, T., & Munir, D. R. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Tebak Kata Menggunakan Cauple Card dalam Menghafal Mufrodat Bahasa Arab. Ta’limi| Journal of Arabic Education and Arabic Studies, 3(1), 13–24.
SEKAR DWI NUR AINI. (2022). PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT KELAS VII A DI MTS MUHAMMADIYAH 09 PURBALINGGA.
Siti Nurul Faridah, A. F. (2022). Peningkatan Hafalan Mufrodat Bahasa Arab dengan Metode Bernyanyi pada Santri di Pondok Fajrul Islam Karanghegar Subang.
Sukardiyono, T. (2015). Langkah-langkah Penelitian Tindakan Kelas.
Wibawa, B. (2023).