PENERAPAN MODEL HANNAFIN DAN PECK UNTUK MENGUKUR PENERIMAAN DAN KEPUASAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN PAI

Efektivitas Pembelajaran, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, kreatif dan inovatif , Model Hannafin dan Peck

Authors

Keywords:

Efektivitas Pembelajaran, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, kreatif dan inovatif , Model Hannafin dan Peck

Abstract

Di era revolusi industri 4.0, segala sesuatunya serba digital. Anak-anak sudah tidak asing lagi dengan gadget. Sehingga orang tua dan pendidik harus berusaha ekstra keras agar gadget bisa menjadi media belajar dan belajar bagi anak. Pendidik harus pandai dan kreatif dalam memilih model atau metode pembelajaran yang akan diterapkan pada siswa di sekolah, maupun dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Guru dituntut kreatif dan inovatif dalam mengembangkan model atau metode pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk memahami fenomena yang dialami subjek penelitian. Model Hannafin dan Peck merupakan model desain pengajaran yang terdiri dari tiga fase, yaitu fase analisis kebutuhan, fase desain, dan fase pengembangan dan implementasi. Keunggulan: Model ini dapat menghasilkan produk pembelajaran karena berorientasi pada produk. Model ini melakukan penilaian dan pengulangan pada setiap fase. Identifikasi kesenjangan pada tahap pertama dapat membantu tahap analisis. Sedangkan kelemahannya: Model ini hanya dapat digunakan untuk permasalahan tertentu (tidak umum). Lebih condong pada penciptaan media.

References

Adi Pratomo, & Agus Irawan. (2015). Pengembangan media pembelajaran interaktif. Jurnal POSITIF, 1(1), 14–28.

de Jong, T. (2010). Cognitive load theory, educational research, and instructional design: Some food for thought. Instructional Science, 38(2), 105–134. https://doi.org/10.1007/s11251-009-9110-0

Gogik, B. (2023). Belajar sambil bermain dalam meningkatkan psikomotorik anak tk di sekolah maitreyawira. 10(1), 149–159.

Heriyanto, D. (2011). Upaya Peningkatan Hasil Belajar dan Motivasi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Metode Jigsaw Pada Siswa Kelas XI IPS3 SMA Negeri 1 Cepogo Boyolali Semester 1 Tahun Pelajaran 2010/2011 Djoko Heriyanto. Publikasi Ilmiah, 29–39.

Khasana, I. N., Parmiti, D. P., & Sudatha, I. G. W. (2018). Pengembangan media monopoli dengan model Hannafin dan Peck mata pelajaran IPS di SD Mutiara Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 6(2), 203–211. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20292

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep dan Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Kencana.

Meo, M. (2019). MEMBENTUK NILAI-NILAI KARAKTER. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6, 167–176.

Metode, M., & Dan, H. (2015). Model Desain Pembelajaran Hannafin & Peck (Issue 1).

Nadzir, H. N. (2023). Pengembangan E-Modul Menggunakan Model Hannafin and Peck pada Mata Pelajaran Seni Budaya. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 3(1), 47–55. https://doi.org/10.23887/jmt.v3i1.58570

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas Iv Di Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 9–19.

Solehudin, T. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Prezi Berbasis Cloud Pada Materi PAI Bahasan Abbasiyah. Computer Based Information System Journal, 7(2), 1–9. https://doi.org/10.33884/cbis.v7i2.1319

Sudarmika, K. B., Parmiti, D. P., & ... (2018). Pengembangan Media Ular Tangga Inovatif untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Edutech …, 6(1), 20–29. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20259

Suryana, I. M., Suharsono, N., & Kirna, dan I. M. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Cetak Menggunakan Model Hannafin & Peck. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Teknologi Pembelajaran (Volume 4 Tahun 2014), 4, 1–1.

Yazid, M., Kudsiah, M., Apriana, D., & Sulastri, A. (2020). Sosialisasi Media Pembelajaran untuk Guru Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Dimaswadi, 1(1), 27–30.

Yuli Yanti, I., Pudjawan, I. K., & Wayan Suwatra, I. I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Model Hannafin and Peck Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Education Technology, 4(1), 67. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24094

Published

2024-07-09

How to Cite

MUH NASIR, T. (2024). PENERAPAN MODEL HANNAFIN DAN PECK UNTUK MENGUKUR PENERIMAAN DAN KEPUASAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN PAI: Efektivitas Pembelajaran, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, kreatif dan inovatif , Model Hannafin dan Peck. IJNU: Indonesian Journal of Nahdlatul Ulama, 1(2), 167–174. Retrieved from http://journal.isnujabar.or.id/index.php/ijnu/article/view/11